Logo

Standar Pelayanan Kalibrasi

Dasar Hukum

  1. Undang-undang No.5 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Peraturan Menteri Perindustrian No. 49/M-IND/PER/6/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Baristand Industri.
  3. Permenperin RI No. 34 tahun 2010 tentang Kode Etik Pelayanan Publik dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenperin.
  4. PermenperinRI No. 35 tahun 2011 tentang Unit Pelayanan Publik di Kemenperin.
  5. Permenpan RB No. 15 tentang Pedoman Standar Pelayanan
  6. Peraturan Menteri Keuangan No. 11/2015 tentang Tarif BLU Baristand Industri Bandar Lampung .
  7. Undang-undang No 25 tentang Pelayanan Publik.

Persyaratan Pelayanan.

  • Permohonan 
  • Penyelesaian Administrasi

 Sistem Mekanisme dan Prosedur

Jangka Waktu Penyelesaian

35 hari kerja diluar penyelesaian ketidaksesuaian audit lapangan dan pengujian

Biaya / Tarif

Sesuai PMK No. 11 tahun 2011 tentang tarif BLU Baristand Industri Bandar Lampung

Produk Pelayanan

Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI

Sarana, Prasarana dan /atau fasilitas

 Ruang pelayanan (ruang tunggu pelanggan dan ruang tunggu permohonan, laboratorium penguji, akses disabilitas, restroom, jaringan internet, fasilitas parkir)

Kompetensi Pelaksana

  1. Kepala Balai/Manajer Puncak
    a. Memahami Sistem Manjemen Mutu ISO/IEC 17025:2008
    b. Memilik pengalaman dalam memimpin organisasi kelompok kerja yang menerapkan system mutu
  2. Manajer Mutu
    a.  Memahami Sistem Manjemen Mutu ISO 17025/IEC 17025:2008
    b. Memiliki pengalaman minmal 2 tahun dalam kegiatan laboratorium
  3. Manajer Administrasi
    a. Memahami sistem manajemen Mutu ISO 17025/IEC 17025:2008
  4. Manajer Teknik
    a.   Memahami sistem manajemen Mutu ISO 17025/IEC 17025:2008
    b. Memiliki pengalaman kerja minmal 2 tahun dalam kegiatan laboratorium
  5. Manajer Pengembangan SDM
    a.  Memahami Sistem Manjemen Mutu ISO/IEC 17025:2008
  6. MAnajer Umum dan Kauangana
     a. Memahami Sistem Manjemen Mutu ISO/IEC 17025:2008
  7. Supervisor
    a. Memahami sistem manajemen Mutu SNI ISO 17025/IEC 17025:2008
    b. Memiliki pengalaman kerja minmal 2 tahun di laboratorium
  8. Petugas Kalibrasi
    a. Memahami sistem manajemen Mutu SNI ISO 17025/IEC 17025:2008
    b. Telah mengikuti pelatihan teknis kalibrasi

Pengawasan Internal

  1. Verifikasi Berjenjang
  2. Audit Internal
  3. Kaji Ulang Manajemen

Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

  Pengaduan / Saran / Masukan

Dapat disamaikan Kepada Baristand Industri Bandar Lampung Melalui Kontak Pelayanan yang tersedia pada ruangan pelayanan / melalui telpon / melalui email : cslampung@ymail.com dan akan ditindaklanjuti segera mungkin.

Jumlah SDM Pelaksan

  1. Manajemen              : 6 orang
  2. Supervisor                : 4 orang
  3. Petugas Kalibrasi : 12orang

Jaminan Pelayanan

  1. Laboratorium Kalibrasi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor LK-179-IDN
  2. Berpartisipasi dalam uji n]banding dan profiensi
  3. Pengukuran ketidakpastian pengukuran
  4. Pralatan uji di kalirasi scara berkala
  5. Pengukuran suhu dan kelembaban scara berkala

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1.  Tersedia jalur evakuasi untuk kondisi darurat
  2. Penerima tamu diruangan pelayanan
  3. Penyedia tabung pemadam kebakaran
  4. Pakaian khusus analis
  5. Tersedia petugas keamanan

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi dilakukan scara berkala (bulanan dan tahunan) melalui penilaian Sasaran Kerja oleh atasan langsung
  2. Rapat Tinjauan Manajemen