Logo

Standar Pelayanan Inspeksi

Dasar Hukum

  1. Undang-undang No.5 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Peraturan Menteri Perindustrian No. 49/M-IND/PER/6/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Baristand Industri.
  3. Permenperin RI No. 34 tahun 2010 tentang Kode Etik Pelayanan Publik dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenperin.
  4. PermenperinRI No. 35 tahun 2011 tentang Unit Pelayanan Publik di Kemenperin.
  5. Permenpan RB No. 15 tentang Pedoman Standar Pelayanan
  6. Peraturan Menteri Keuangan No. 11/2015 tentang Tarif BLU Baristand Industri Bandar Lampung .
  7. Undang-undang No 25 tentang Pelayanan Publik.

Persyaratan Pelayanan.

  • Permohonan 
  • Penyelesaian Administrasi

 Sistem Mekanisme dan Prosedur

Jangka Waktu Penyelesaian

Penyelesaian pekerjaan 18 hari  dihitung sejak dilakukan inspeksi/pengukuran
 a. untuk dustfall 40 hari kerja dihitung sejak tanggal pemasangan 
 b. Sesuai kesepakatan

Biaya / Tarif

Sesuai PMK No. 11 tahun 2011 tentang tarif BLU Baristand Industri Bandar Lampung

Produk Pelayanan

Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI

Sarana, Prasarana dan /atau fasilitas

Sarana :
 Dry GAs Meter, Wet  Gas Meter, High Volume Air Sampler (HVAS) Impeger Sound Level Meter, Vibration Meter, Ambient gas analyzer, Diesel smoke tester, Flue Gas Analyzer, Particle Counter, Lux Meter, Higrometer
Prasarana :
 Ruang pelayanan (ruang tunggu pelanggan dan ruang penerima contoh, laboratorium penguji, akses disabilitas, restroom, jaringan internet, fasilitas parkir)

Kopetensi Pelaksana

  1. Kepala Balai/Manajer Puncak
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
    b. Memiliki pengalaman dalam memimpin organisasi/kelompok kerja yang menerapkan sistem mutu
  2. Manajer Mutu
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
    b. Memiliki teknik sampling dan analisa
  3. Manajer Teknis
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
    b. Memiliki teknik sampling dan analisa
  4. Manajer Administrasi
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
  5. Manajer Pengembangan SDM
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
  6. Manajer Keuangan dan Umum
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
  7. Supervisor
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
    b. Memahami TeknikInspeksi dan Analisa
  8. Inspektur
    a. Memahami Sistem Manajeman Mutu ISO 17020:2012
    b. Memahami TeknikInspeksi dan Analisa

Pengawasan Internal

  1. Verifikasi Berjenjang
  2. Audit Internal
  3. Kaji Ulang Manajemen

Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

  Pengaduan / Saran / Masukan

Dapat disamaikan Kepada Baristand Industri Bandar Lampung Melalui Kontak Pelayanan yang tersedia pada ruangan pelayanan / melalui telpon / melalui email : cslampung@ymail.com dan akan ditindaklanjuti segera mungkin.

Jumlah SDM Pelaksan

  1. Manajemen  : 6 orang
  2. Auditor           : 5 orang
  3. PPC                   : 11 orang

Jaminan Pelayanan

  1.  Lembaga Inspeksi Teknis terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor LI-047-IDN
  2. Peralatan Kalibrasi scara berkala

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1.  Tersedia jalur evakuasi untuk kondisi darurat
  2. Penerima tamu diruangan pelayanan
  3. Penyedia tabung pemadam kebakaran
  4. Pakaian khusus inspeksi
  5. Tersedia petugas keamanan

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi dilakukan scara berkala (bulanan dan tahunan) melalui Sasaran Kinerja Pegawai oleh atasan langsung
  2. Evaluasi terhadap hasil pelatihan persnil
  3.  Rapat tinjau manajemen