Logo

Sejarah Singkat

Balai Riset Dan Standardisasi Industri (Baristand Industri) Bandar Lampungsebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementrian Perindustrian ditetapkan sejak 15 Agusus 1991, berperan dalam pelaksanaan kebijakan pengembangan industri nasional untuk menopang pembangunan industri di Indonesia. Salah satu cara untuk mendukung pengembangan dunia industri yaitu dengan memberikan pelayanan jasa teknis kepada dunia industri. Dengan didukung sumber daya manusia yang terlatih dan pengalaman serta fasilitas peralatan dan pelayanan yang berinovasi berkelanjutan, memastikan kami selalu menjadikan kualitas sebagai prioritas. Didirikan pada tahun 1975 dan melaksanakan kegiatan di Jl. H. Djuanda Pahoman Tanjung Karang, dengan status sebagai Objek Penelitian dan Pengawasan Mutu Industri yang berada di bawah Dinas Perindustrian Daerah Tingkat I Provinsi Lampung. Karena perkembangan industri cukup pesat dimana kebutuhan akan pelayanan teknis semakin besar maka pada tahun 1977 berdasarkan SK Gubernur Lampung No.G/079/B.II/IIK/1977 tanggal 22Juni 1977 berubah status menjadi Penelitian dan Pengawasan Mutu Industri. Dengan meningkatnya aktivitas Balai dan semakin bertambahnya jumlah maupun jenis pelayanan yang harus di lakukan,maka pada tahun 1979 status Balai diangkat menjadi Subdinas Balai Penelitian dan Pengawasan Mutu Industri.
 
Sejak tahun1981/1982 Sub Dinas Balai Penelitian Mutu Industri mulai mendapat dana dan APBN melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Departemen Perindustrian. Sejak itu nama balai berubah menjadi Proyek Penelitian dan Pengembangan Industri yang berada langsung di bawah Badan Litbang Industri Departemen Perindustrian. Dari dana tersebut maka dibangunlah Gedung Balai di Jl. Raya Branti Candimas Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Berdasarkan SK Mentri Perindustrian No. 14/M/SK/H/1991 tanggal 19 Februari 1991, Proyek Penelitian dan Pengembangan Industri Tanjung Karang yang bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri dan Departemen Perindustrian. Selanjutnya Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Tanjung Karang diresmikan pada tanggal 15 Agustus 1991 oleh Gubernur Provinsi Lampung.
 
Foto Bangunan lokasi Natar 
 
Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Tanjung Karang dalam melaksanakan kegiatan di Jl. Raya Branti Candimas Natar mulai banyak menghadapi tantangan terutama karena kondisi dan kualitas sumber air, kondisi listrik dan lokasinya berada di ujung pacu lapangan udara sehingga tidak memadai untuk kegiatan laboratorium,maka Badan Litbang Industri dan Perdagangan merasa untuk memindahkan Balai ke lokasi baru.
 
Foto Gedung Laboratorium di Natar
 
Sejak tanggal 15 Mei tahun 2000, Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Tanjung Karang pindah lokasi dari Candimas Natar ke Jl. Cut Meutia No. 44 Bandar Lampung . Berdasarkan SK Memperindag No. 748/SK/MPP/XI/2002 Balai Penelitian dan Pengembangan Industri  Tanjung Karang berubah menjadi Balai Riset dan Standarisasi Bandar Lampung. Pada Tahun 2007 Baristand Industri Bandar Lampung berpindah kekantor yang baru di Jl. Bypass Soekarno Hatta.
 
 
 
Foto Lokasi Kantor Baristand Industri Lampung