Logo

Penanganan Keluhan, Naik Banding dan Perselisihan

Prosedur Naik Banding

  • Produsen berhak untuk mengajukan keluhan, banding terhadap keputusan yang mengakibatkan Sertifikat Produknya ditolak, ditangguhkan, atau dicabut.
  • Banding terhadap keputusan LSPro yang secara langsung berkaitan dengan status Sertifikat Produk akan dipertimbangkan oleh suatu panel banding yang dibentuk oleh Kepala Balai. Panel yang ditunjuk untuk masing-masing banding harus terdiri dari anggota Komite Pengarah, Kepala Seksi, dimana tidak seorangpun memiliki kepentingan komersil yang langsung dalam subyek banding.
  • Banding harus dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Kepala LSPro, dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diterimanya surat pemberitahuan penolakan, penangguhan atau pencabutan Sertifikat Produk dan dilampirkan fakta dan data pendukung yang relevan untuk dipertimbangkan .
  • Semua banding akan ditangani secara kasus per kasus oleh Panel Banding. Bukti yang mendukung keputusan menolak, menangguhkan atau mencabut Sertifikat Produk harus disampaikan kepada Panel Banding.
  • Keputusan Panel Banding bersifat final dan mengikat bagi kedua belah pihak, yaitu Produsen dan LSPro. Setelah keputusan terhadap banding dibuat, kedua belah pihak tidak boleh mengajukan klaim untuk mengubah keputusan tersebut kecuali melalui pengadilan yang ditunjuk.
  • Dalam kasus dimana banding disetujui dan Sertifikat Produk diberlakukan kembali, Produsen yang bersangkutan tidak boleh mengajukan klaim untuk pengembalian biaya atau kerugian lainnya yang timbul sebagai akibat dari pemberitahuan penangguhan atau pencabutan Sertifikat Produk.

Proses Penanganan Perselisihan

Apabila terdapat laporan perselisihan yang berkaitan dengan sertifikasi, maka penyelesaiannya dengan jalan musyawarah, bila dengan cara musyawarah tidak diperoleh kesepakatan, maka perselisihan akan diselesaikan oleh LSPro Balai Riset dan Standardisasi Industri Bandar Lampung sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.